Pada menu ini Admin KKKS dapat menambah pengguna KKKS, mengubah pengguna KKKS, aktivasi non aktivasi pengguna, dan reset password pengguna KKKS.
Menu ini digunakan agar admin untuk mempersiapkan penguna-pengguna KKKS yang akan berperan melakukan verifikasi registrasi vendor, verifikasi profil vendor, persetujuan profil vendor, dan sebagainya sesuai dengan tipe posisi (role user) untuk mengakses aplikasi.
KKKS Admin harus memastikan pengguna sudah terdaftar untuk tipe posisi sbb.
1. K3S Admin (wajib ada)
Secara default akun K3S Admin sudah dibuatkan di sistem CIVD. User-user K3S Admin ini berfungsi untuk melakukan tugas-tugas seperti manajemen pengaturan pengguna, memverifikasi registrasi vendor baru, menerbitkan SPDA, memberikan penghargaan, atau sanksi, melihat laporan vendor, melakukan delegasi, dsb. Jika ingin menambahkan user lain sebagai K3S Admin bisa dilakukan dengan mengeklik tombol Tambah Baru kemudian memilih tipe posisi K3S Admin (lihat bagian selanjutnya untuk detil cara menambahkan user).
2. K3S Approval (wajib ada)
Tipe posisi ini dimaksudkan sebagai pengguna yang akan melakukan persetujuan update profil vendor. Tipe posisi ini wajib ada, cara menambahkan usernya adalah dengan mengeklik tombol Tambah Baru kemudian memilih tipe posisi K3S Approval (lihat bagian selanjutnya untuk detil cara menambahkan user).
Bagian ini bisa dibuatkan multi user untuk banyak level approval (opsional). Contohnya jika persetujuan dimaksudkan terdiri dari 2 level, dari approver user A kemudian berjenjang ke approver user B, maka pada Pengaturan Pengguna harus ditambahkan sebanyak 2 user sebagai K3S Approval, kemudian diset Approver Berikutnya dari user A adalah user B.
3. K3S Verificator (wajib ada)
Tipe posisi ini dimaksudkan untuk nantinya melakukan verifikasi permintaan update profil vendor. Selain itu Verificator bisa menginisiasi undangan rapat kepada vendor untuk melakukan verifikasi. Tipe posisi ini wajib ada, cara menambahkan usernya adalah dengan mengeklik tombol Tambah Baru kemudian memilih tipe posisi K3S Verificator. Kemudian perlu untuk memilih Approver Berikutnya adalah user approver yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya (lihat bagian selanjutnya untuk detil cara menambahkan user). Tipe posisi ini juga jika diperlukan bisa dibuatkan untuk multi level verificator (opsional)
4. K3S Assignor (opsional)
Tipe posisi ini dimaksudkan untuk nantinya melakukan alokasi permintaan verifikasi profil vendor ke verificator-verificator yang ada. Jika skenario alokasi untuk tujuan pembagian kerja verificator ini tidak perlukan maka user tipe posisi ini tidak wajib untuk dibuatkan. Cara menambahkan user baru adalah dengan mengeklik tombol Tambah Baru kemudian memilih tipe posisi K3S Assignor (lihat bagian selanjutnya untuk detil cara menambahkan user).
5. K3S Announcer (opsional)
Tipe posisi ini dimaksudkan untuk menambahkan pengumuman yang nantinya akan tampil pada halaman depan CIVD. Cara menambahkan user baru adalah dengan mengeklik tombol Tambah Baru kemudian memilih tipe posisi K3S Assignor (lihat bagian selanjutnya untuk detil cara menambahkan user).
6. K3S User (opsional)
Tipe posisi ini dimaksudkan untuk menentukan user KKKS yang hanya memiliki akses untuk bisa melihat daftar laporan saja dan SPDA saja.
Menambah Pengguna KKKS
Untuk melakukan penambahan pengguna KKKS Anda dapat memilih modul Administrasi (1) pada sebelah kiri web, kemudian pilih menu Manajemen Pengguna (1A), lalu pilih sub-menu Daftar Pengguna (K3S User) (2)
Setelah itu klik tombol Tambah (2A), Anda akan dialihkan ke halaman untuk menambah daftar pengguna KKKS form Penambahan data KKKS (3).
Form Registrasi KKKS (3) digunakan admin KKKS untuk mendaftarkan pengguna KKKS. Isikan data dengan benar dan lengkap mulai dari Nama (3C) sampai dengan Role (3G – 3L), jangan lupa upload dokumen Surat Penunjukan Pejabat Berwenang (3M), dan mengubah status menjadi aktif (3M). Setelah mengisikan data dengan benar dan lengkap, Anda dapat mengklik simpan.
Mengubah Data Pengguna KKKS
Selanjutnya untuk mengubah data pengguna KKKS, Anda dapat kembali ke halaman Daftar Pengguna (K3S User) dengan klik Administrasi (1) pada dashboard, lalu klik Manajemen Pengguna (1A), klik sub Daftar Pengguna (K3S User) (2).
Anda akan dialihkan ke halaman Daftar Pengguna (K2S User) (2). Setelah itu pilih tools (2A) lalu klik Ubah.



Setelah itu, Anda hanya dapat mengubah field Posisi (3E) hingga Status (3I) saja. Jika sudah, klik Simpan (3J) untuk menyimpan data yang sudah diubah atau Kembali (3K) jika ingin ke halaman sebelumnya.

